Flickr Images

PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)


A. PENGERITAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Pengertian dari hardware(perangkat keras) adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya dapat dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata. Fungsi hardware adalah untuk mendukung proses komputerisasi.
Secara fisik, komputer terdiri atas beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
  1. Input Device (Unit Masukan) 
  2. Process Device (Unit Pemrosesan 
  3. Output Device (Unit Keluaran) 
  4. Backing Storage (Unit Penyimpanan) 
  5. Periferal (Unit Tambahan)


B. UNIT MASUKAN (INPUT DEVICE)

Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan kedalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, Sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua, yaitu peralatan input langsung dan peralatan input tidak langsung . peralatan input langsung adalah input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya , Keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, dan scanner. Peralatan input tidak langsung adalah input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya, punched card, disket, dan hardisk.


1. Keyboard


    Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti, menyimpan file dan membuka file.
    Jenis-jenis keyboard
    1. QWERTY
    2. DVORAK
    3. KLOCKENBERG
    Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian.
    1. typewriter key 
    2. numeric key 
    3. function key
    4. special function key 

     2. Mouse




    Mouse merupakan unit masukan (input device) yang berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat . Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Sebagaian besar mouse terdiri atas 3 tombol. Umumnya, hanya dua tombol yang digunakan, yaitu tombol kiri dan tombol kanan. saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll) yang terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik(Click). Klik penekanan ini akan berfungsi jika mouse berada pada objek yang ditunjuk, penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser(drag), yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan(right click). Mouse terdiri atas port, yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb 


    C. UNIT PEMROSESAN (PROCESS DEVICE)

    Perangkat proses adalah bagian yang terpenting dalam komputer. Perangkat proses atau dikenal dengan CPU(Central Processing Unit) terbentuk dari berbagai komponen yang diletakkan dalam sebuah kotak(Cassing) yang kesemuanya sering disebut cassing system unit. Bagian-bagian yang terdapat pada sebuah CPU antara lain :
    1. Motherboard
    2. Processor
    3. Power Supply (catu daya) 
    4. Memori 

    D. UNIT KELUARAN (OUTPUT DEVICE)

    1. Monitor
    2. Printer
    3. Speaker
    4. LCD proyektor


    E. UNIT PENYIMPANAN (BACKING STORAGE) 

    1. Hardisk
    2. Disket 
    3. Flashdisk
    4. CD(Compact Disk)


    F. UNIT TAMBAHAN (PERIFERAL)

    1. Modem
    2. AVR dan UPS
    3. TV Tuner




    Terima kasih telah berkunjung, bila ingin mengcopy-paste artikel ini mohon ditulis link sumbernya, agar sama-sama merasa bertanggung jawab karena artikel ini saya ketik sendiri
    Terima Kasih  

      Blogger Comment
      Facebook Comment

    0 comentários:

    Posting Komentar

    !!!:: DILARANG BERKOMENTAR LINK AKTIF ::!!!
    !!!:: DILARANG BERKOMENTAR DENGAN HAL YANG KOTOR ::!!!
    !!!:: SOPAN DALAM BERKOMENTAR ::!!!
    !!!:: DILARANG PROMOSI APAPUN ::!!!
    !!!:: BILA SEMUA KETENTUAN DI ATAS DILAKUKAN MAKA KOMENTAR AKAN DI HAPUS ADMIN ::!!!

     
    Copyright © 2013. KANG INFORMASI - All Rights Reserved
    Template Created by ThemeXpose | Published By Gooyaabi Templates